Senin, 26 April 2010

Teori Psikologi

TEORI adalah serangkaian ide-ide berkesinambungan yang membantu menjelaskan data dan membuat prediksi-prediksi.

TEORI PERKEMBNGAN :
1. Teori Mekanistis (Ivan Pavlov, B.F Skinner, Albert Bandura)
Lingkungan mempunyai pengaruh amat kuat dalam perkembangan manusia. Manusia sering diibaratkan mesin.
Pendekatan Perilaku Belajar
Manusia dipandang sebagai makhluq yang belajar berprilaku dalam cara-cara yang unik.
Pengkondisian
Classical Conditioning / respondent Conditioning. (Ivan Pavlov)
Operant Conditioning / instrumental Conditioning. (B.F Skinner)
Prilaku belajar seseorang lebih didasarkan pada reward dan punishment yang menyertai.
Pembelajaran Sosial
• Prilaku manusia sebagian besar dipelajari dengan melihat prilaku orang lain.
• Manusia mempertimbangkan setiap prilakunya, manusia dapat memutuskan mana prilaku yang efektif dan yang tidak.
Pendekatan Pengolahan Informasi
• Fokus pada proses berfikir dan kognisi
• Menerima stimulus – memodifikasi – menyimpan – menghasilkan informasi
• Selektivitas terhadap stimulus dari lingkungan.
2. Teori Psikodinamika (Sigmund Freud, Erik Erikson)
Individu menyesuaikan diri dengan masyarakat ketika memuaskan dorongan-dorongan dasar manusiawinya.
Berkaitan dengan perkembangan dan memandang manusia dimotivasi oleh kekutaan internal atau eksternal



Teori Psikoseksual Freud
5 pusat kenikmatan tubuh :
a) Fase Oral (0-2 tahun)
BIBIR dan MULUT
b) Fase Anal (2-3 tahun)
Anus
c) Fase Phallic (3-6 tahun)
Menyadari alat kelaminnya dan perbedaan jenis kelamin.
d) Fase Latency (6-11 tahun)
Kelembutan Hati, dan rasa malu.
e) Fase Genital (11 tahun – keatas)
Kenikmatan sensual dasar hubungan seksual dengan lawan jenis
3. Teori Adaptasi (Jerome Bruner)
Bertahan hidup dan berkembang dalam lingkungan.
4. Teori Organismik (Joan Piaget, Heinz Werner)
Faktor Biologis
Teori Piaget
• Interaksi antara faktor biologis dan lingkungan
• 3 variabel utama mempengaruhi perkembangan :
1. kematangan sistem syaraf
2. pengalaman interaksi realitas fisik
3. pengaruh lingkungan sosial
• 4 tahap perkembangan intelektual :
a) Tahap sensoriomotor (lahir-2th)
b) Tahap pre-operasional (2-7th)
Cara pikir ( pengalaman sensori )
c) Tahap operasional konkret (7-11th)
Pemikiran Egosentris ----- sosiosentris
d) Tahap operasional formal (11- keatas)
Pemikiran Proposional (kombinasi analisis dan penalaran abstrak)

Teori Werner
Intregasi Hierarkis (keadaan umum  keadaan terpadu yang unik)
Respon dan keterampilan  tertata
5. Teori Dialektis
Perkembangan manusia berhubungan dengan lingkungannya untuk mencapai taraf fungsi baru.
a) Dialektis Rusia (Lev. S. Vygotsky)
b) Dialektis Amerika (Klaus Riegel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar